21 April 2009

Hari Kartini

Hari Kartini ditetapkan Pemerintah sejah tahun 1964 melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964, tanggal 2 Mei 1964, yang menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional sekaligus menetapkan hari lahir Kartini, tanggal 21 April, untuk diperingati setiap tahun sebagai hari besar yang kemudian dikenal sebagai Hari Kartini untuk memperingati hari lahir RA Kartini yang lahir tanggal 21 April 1879,

Hari Kartini diperingati ga jauh dengan perayaan pake baju daerah khususnya untuk anak2 sekolah tingkat TK & SD (jarang banget liat yg tingkat SMP & SMA). Atau di kalangan pekerja biasanya di bank2 yang di hari kartini, pekerja wanitanya khususnya yg di front office pake baju daerah. Ga tau juga ya apa hubungannya dengan pake baju daerah.

Anyway, buat ma2 sih hari Kartini sebetulnya ga beda dengan2 hari2 lainnya. Cuman disempetin aja kepikiran sejenak, untuk berterima kasih ke Ibu Kartini, karna gara dia kita2 yg kaum perempuan bisa punya kesempatan yang sama dengan kaum pria, khususnya di dunia pendidikan. Ga kebayang kalo ma2 hidup di jaman Ibu Kartini, apalagi sama2 orang Jawa, mungkin ga bisa sekolah tinggi,. Apa lagi klo ma2 hanya dari kalangan rakyat biasa (atau lebih susah lagi), bisa2 bener ga akan ngerasain sekolah, umur 12 tahunan bisa dikawinin. Salut deh sama si Ibu satu ini, diusianya yang masih beranjak dewasa pada saat itu, uda punya pemikiran jauh untuk mendobrak tradisi tapi dengan menjalankan tradisi itu sendiri. Maksudnya, beliau teteb mau dikawin (paksa?) sama pria yang lebih tua, tapi teteb ngajuin syarat bisa teteb belajar.

Semoga semangat Ibu Kartini ada di hati ma2 dan kaum wanita Indonesia dimanapun kalian berada, baik yang jadi wanita karir maupun ibu rumah tangga. Berkat Ibu Kartini kita bisa memilih dunia kita: karir, keluarga, keduanya. Walaupun mungkin masih ada mereka yang tidak seberuntung ma2.Terus maju wanita Indonesia!

Tidak ada komentar: