16 Februari 2009

kontroversi perayaan valentine

Weekend kemaren ga ada kerjaan, yg ada browsing terus (maklum baru bisa make dari HP). Dimulai dari pas nungguin ka2 kursus calistung di sekolahnya (pagi), pas makan siang di warung gado2 langganan, sore2 sampe minggu. yg banyak sih buat nge-fb.Sabtu, 14 Feb isinya ga jauh dari valentine, ada yg saling kasih valentine's greeting, ada juga yg ngebahas boleh tidaknya ngerayaain valentine.
Sebagai umat muslim, ma2 juga update berita dari MUI sbb:
Rabu, 13 Februari 2008 21:30 WIB JAKARTA, RABU--Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengingatkan kepada kaum Muslim bahwa perayaan Valentine Day atau Hari Kasih Sayang, hukumnya haram, karena perayaan yang diadakan setiap 14 Februari banyak diisi hal yang tidak bermanfaat bahkan hal yang buruk seperti pesta mabuk-mabukan."Dilihat dari perayaannya karena banyak pesta, mabuk-mabukan, sudah haram, jadi tanpa mengeluarkan fatwa secara khusus, sudah ketahuan," kata Ketua Komisi Fatwa MUI KH Ma'ruf Amin kepada wartawan, Rabu (13/2).Jatuhnya haram dirayakan, bukan pada hari Valantine, melainkan sifat perayaan yang dilakukan oleh sebagian masyarakat yang diadakan secara pesta bahkan mabukmabukan, sambungnya. Menyinggung tentang desakan MUI perlu mengeluarkan fatwa untuk valentine, Ma'ruf menjelaskan, soal pembuatan fatwa ini masih dibicarakan, apakah perlu dikeluarkan atau tidak."Mudah saja bagi orang Muslim mengetahuinya, jika perayaan itu diluar aturan agama, pasti haram, namun untuk membuat fatwa kita perlu kajian terlebih dahulu," katanya. (Persda Network/Mur)

Diakui ato nggak, valentine sudah jadi bagian tradisi orang Indonesia (khususnya remaja). Untuk orang dewasapun, banyak acara digelar di hotel, mall ato restoran2 yg bikin paket khusus. Tahun ini kebetulan jadtuhnya pas malem minggu, tambah rame deh. Segitu gaungnya, sampe si ka2 aja pas pulang kursus uda nanya,'" Mah, hari ini kan hari valentine ya, apaan sih ma?" Ma2 jelasin aja klo valentine itu hari kasih sayang, buat semua orang, sayang ma2,sayang pa2, sayang ka2, sayang eyang, sayang temen, sayang bu guru, sayang orang yg kekurangan. Eh, masih disautin,"sayang pacar juga kan mah? temen2 tadi bilang gitu" Ma2 jawab aja iya, tapi karna ka2 masih kecil ya cukup sayang ke yang tadi ma2 sebutin. Tapi inget ya, setiap hari juga harus teteb sayang semuanya.Semoga untuk seumuran ka2 jawaban tersebut masuk akal.Ntar seiring berjalannya waktu juga akan ngerti sendiri.

Ma2 sendiri sih, ga terlalu gimana gitu sama "valentine". Waktu jaman ABG dulu sih, kayaknya termasuk yg ikutan euphoria valentine, apa lagi klo pas saat itu lagi punya pacar. paling sekedar tuker kado, makan malem bareng. Tapi ga pernah sampe yg konsumtif banget koq, yg wajar2 aja. Pas udah married sih malah uda ga ada acara tuker kado segala, paling bilang I love You aja cukup. Toh, everyday is valentine (klo maksudnya adalah hari kasih sayang). Seperti sabtu kemaren, kebetulan pa2 masih di luar kota ada kerjaan, pa2 masih sempet kirim sms berisi 3 magic words tadi. that's it. browsing fb lagi, ada temen2 yg send valetine greetings (klo gitu aja ga pa2 kale ya! kan ga ada perayaan apa2)

Jadi inget kejadian pas kelas 1 SMA dulu (th.1989). Mulai dari bulan Januari, cewe2 sekelas tuh uda mulai pada heboh mo buat acara valentine barengan 1 kelas di rumah salah satu temen sekelas kita.Sounding2 ke temen sekelas, banyak yg pada setuju kita bikin acara valentine. Tapi menjelang masuk bulan Februari, ada 1 temen kita (cowo) yg aktivis di sie Rohis (Rohani Islam), yg ternyata baru denger soundingan itu, menolak keras dengan membawa2 masalah agama. Ma2 & temen2 yg jadi sie sibuk acara, bete juga tuh. Tapi dasar kita teteb ngotot, setelah cari2 ide gimana ngakalin biar acara teteb jalan, ada yg dapet ide untuk ganti nama di undangannya, biar ga ketara valentine'an gitu. Disepakatin ganti nama jadi ZWASTLASH DAY (arti kata zwastlash = siswa/i satu dua belas). Akhirnya acara teteb berjalan sukses & si mas anggota sie rohis ikutan datang (walaupun pas ada acara couple kayaknya mulai bete,lupa juga sih apa si mas bertahan sampe acara habis. it's 20years ago! time goes by so fast)

So, to show kasih sayang tidak perlu harus dalam koridor valentine's day kan, terutama untuk orang2 terdekat kita.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

HAPPY VALENTINE!